Rabu, 05 Oktober 2016

E-COMMERCE

Pengertian E-Commerce
E-Commerce merupakan perdagangan, penyebaran, pembelian, pemasaran barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik, seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya. E_Commerce mencakup seluruh transaksi bisnis secara elektronik oleh pihak - pihak yang terlibat tidak hanya pertukaran bisnis secara fisik. Biasanya dihubungkan dengan proses pembelian dan penjualan melalui internet atau setiap transaksi bisnis yang melibatkan perpindahan kepemilikan atas barang atau jasa melalui jaringan komputer.

Jenis - Jenis E-Commerce


  1. Business to Business, karakteristiknya yaitu trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang cukup lama, pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama, salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data, dan model yang umum digunakan adalah peer to peer dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
  2. Business to Consumer, karakteristiknya yaitu terbuka untuk umum dimana informasi disebarkan secara umum, servis yang digunakan juga bersifat umum sehingga dapat digunakan oleh orang banyak, servis yang digunakan berdasarkan permintaan, sering dilakukan sistem pendekatan client-server. 
Manfaat menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
  1. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
  2. Menurunkan biaya operasional (operating cost)
  3. Melebarkan jangkauan (global reach)
  4. Meningkatkan customer loyalty
  5. Meningkatkan supply management
  6. Memperpendek waktu produksi
Ancaman Menggunakan E-Commerce 
Ancaman yang mungkin terjadi:
  • System Penetration : Orang -  orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya
  • Authorization Violation : Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistem
  • Planting : Memasukkan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang
  • Communications Monitoring : Sesorang dapat memantau semua informasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi
  • Communications Tampering : segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi
  • Denial of service : Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber dan fasilitas-fasilitas lainnya
  • Repudiation : Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak sengaja


E-BUSINESS

E-Business merupakan aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan cara memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk dan pengembangan usaha.

7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business:
  1.  Fokus : produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk
  2. Banner berupa teks : karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar
  3. Ciptakan 2 level afiliasi : memiliki distributor penjualan utama dan agem penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail : e-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di internet
  5. Menulis artikel : kebanyak penjualan adalah hasil dari proses adukasi atau sosialiasi
  6. Lakukan e-Marketing : sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online
  7. Komunikasi instan : terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung
Ciri - ciri E-Business
  • E-business memiliki cakupan program yang lebih luas
  • E-business biasanya memiliki sebuah kantor pusat ataupun kantor perwakilan untuk memanage seluruh bisnis elektronik yang dikembangkan
  • E-business memiliki banyak sekali fitur yang sangat lengkap
  • E-business dapat dilihat atau dipandang sebagai keseluruhan bagian dari sebuah situs yang menawarkan fasilitas e-commerce
Perbedaan Antara E-Business dan E-Commerce
E-Business mencakup area yang sangat luas, mulai dari pembangunan modal, sumber daya manusia, sumber daya teknologi, proses marketing dan pemasaran, manajemen perkantoran, proses audit, dan segala macam elemen lainnya. Sedangkan, e-commerce hanya betfokus pada proses jual beli atau pemindahtanganan yang dilakukan melalui proses transaksi secara elektronik di sebuah situs.

Manfaat e-business bagi perusahaan
  • Efisien
  • Memperpendek jarak
  • Perluasan jaringan mitra
  • Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa
  • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global
  • Menekan biaya penyusunan, memproses, mendidtribusikan, menyimpan dan mengakses informasi berbasis kertas
  • Cash flow terjamin
Manfaat e-business bagi konsumen
  • Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat dan dimana saja
  • Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan
  • Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk atau jasa yang lebih murah
  • Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman
  • Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon subtansional bagi pelanggannya


BIOINFORMATIKA

Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya.

Penerapan Utama Bioinformatika
  • Basis data sekuens biologis : sesuai dengan jenis informasi biologis yang disimpannya, basis data sekuens biologis dapat berupa basis data primer untuk menyimpan sekuens primer asam nukleat maupun protein, basis data sekunder untuk menyimpan motif sekuens protein dan basis data struktur untuk menyimpan data struktur protein maupun asam nukleat.
  • Penyejajaran sekuens : proses penyusunan atau pengaturan dua atau lebih sekuens sehingga persamaan sekuens-sekuens tersebut tampak nyata. Hasil dari proses tersebut juga disebut sebagai sequence alignment atau alignment saja. Contoh alignment DNA dari dua sekuens pendek DNA yang berbeda,"ccatcaac" dan "caatgggcaac" (tanda "|" menunjukkan kecocokan atau match di antara kedua sekuens).  
  • Prediksi struktur protein : secara umum, metode prediksi struktur protein yang ada saat ini dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok, yaitu metode pemodelan protein komparatif dan metode pemodelan de novo. 
    1. Pemodelan protein komparatif meramalkan struktur suatu protein berdasarkan struktur protein lain yang sudah diketahui. Salah satu penerapan metode ini adalah pemodelan homologi, yaitu prediksi struktur tersier protein berdasarkan kesamaan struktur primer protein. pemodelan homologi didasarkan pada teori bahwa dua protein yang homolog memiliki struktur yang sangat mirip satu sama lain. 
    2. Pemodelan de novo, struktur protein ditentukan dari sekuens primernya tanpa membandingkan dengan struktur protein lain. Terdapat banyak kemungkinan dalam pendekatan ini, misalnya dengan menirukan proses pelipatan protein dari sekuens primernya menjadi struktur tersiernya atau dengan optimisasi global fungsi energi protein.

  • Analisis ekspresi gen: ekspresi gen dapat ditentukan dengan mengukur kadar mRNA dengan berbagai macam teknik. Teknik-teknik tersebut umumnya diterapkan pada analisis ekspresi gen skala besar yang mengukur ekspresi banyak gen dan menghasilkan data skala besar. Contohnya, metode-metode komparasi digunakan untuk membandingkan ekspresi diantara gen-gen, sementara metode-metode klastering digunakan untuk mempartisi data tersebut berdasarkan kesamaan ekspresi gen.



Contoh - Contoh Penggunaan dalam Bioinformatika

  1. Bioinformatika dalam bidang klinis
  2. Bioinformatika untuk identifikasi agent penyakit baru
  3. Bioinformatika untuk diagnosa penyakit baru
  4. Bioinformatika untuk penemuan obat

Cabang - Cabang ilmu Bioinformatika
  1. Biophysics : bidang interdisipliner yang mengaplikasikan teknik-teknik ilmu Fisika
  2. Computational Biology : bagian dari bioinformatika yang paling dekat dengan bidang biologi umum klasik
  3. Medical Informatics : disiplin ilmu yang baru yang didefinisikan sebagai pembelajaran, penemuan dan implementasi dari struktur dan algoritma untuk meningkatkan komunikasi
  4. Cheminformatics : kombinasi dari sintesis kimia
  5. Genomics : bidang ilmu yang ada sebelum selesainya sekuen genom, kecuali dalam bentuk yang paling kasar
  6. Mathematical Biology : menangani masalah-maslah biologi
  7. Proteomics : berkaitan dengan studi kuantitatif dan kualitatif
  8. Pharmacogenomics : aplikasi dari pendekatan genomik dan teknologi pada identifikasi dari target-targer obat
  9. Pharmacogenetics : bagian dari pharmacogenomics yang menggunakan metode genomik atau bioinformatika untuk mengidentifikasi hubungan-hubungan genomik



Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

0 komentar :

Posting Komentar